under construction
Posted by : Flash_D 1.8.13



Halo Selamat sore kali ini saya akan mengulas tentang perangkat apa saja yang akan di gunkan pada jaringan di mualai saja yo sekarang !!


  • Pengenalan kabel yang biasa di gunakan pada jaringan 

Kabel Coaxial 
Pengertian Singkat : penyalur (transmisster) yang menyalurkan setiap informasi menjadi sinyal elektrik, kabel ini hampir sama seperti kabel TV.


Kabel UTP
Pengertian Singkat : jenis kabel jaringan yang banya digunakan pada membangun jaringan LAN karena harga nya relatif lebih terjangkau.


Kabel STP
Pengertian Singkat : Jenis kabel yang hampir sama seperti UTP tetapi STP ada pelindung kabel lagi yang terbuat dari Alumunium Foil.

Fiber Optic
Pengertian Singkat : Serat kabel yang terbuat dari kaca yang mempunyai transfer data tinggi. Biasanya FO ini di gunakan pada ISP dan NAP (Network Acces Provider).



  • Type Kabel Coaxial 

Kabel Thinnet / Kabel RG -58 biasanya di gunakan pada radio amatir, terutama untuk transcevier, kabel jenis ini sudah memenuhi standart IEEE802.3 10BASE2, dimana diameter rata -rata berkisar 5mm dan biasanya berwarna hitam atau warna lebih gelap.



Kabel Thicknet / RG -8 adalah kabel yang dipakai untuk instalasi antar gedung, bentuk kabelnya lebih besar daan dapat menampung data lebih banyak.



Kabel RG -59 : sering digunakan pada frekuensi video seperti video komposit, kabel ini juga bisa di gunakan untuk siaran.



Kabel RG -6 : Jenis kabel yang di gunakan pada televisi kabel, digunakan untuk rute sinyal televisi kabel dan dalam rumah.


  • NIC = Network Interface Card
Sebuah kartu jaringan yang berfungsi untuk menjembatani dari komputer satu ke jaringan kompute, Jenis NIC ada 2 jenis yaitu

NIC bersifat Fisik : biasanya berupa kartu yang ditancapkan pada slot yang umum seperti PCI, ISA pada motherboard, Contoh : Ethernet Card 






NIC bersifat Logic : NIC logic tidak ada secara fisik dan menggunakan software yang terinstall pada OS dan bekerja seolah olah dia adalah sebuah NIC, Contoh : Dial Up Adapter


  • Pengertian Ethernet
Ethernet adalah jenis perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang di kembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center pada tahun 1972.

  • Jenis - Jenis Ethernet ada 3 Macam berdasar Kecepatan
1. Ethernet memiliki kecepatan akses 10 Mbit/detik yang standartnya 10BaseT, 10baseF

10BaseT : menggunakan topologi star, Kabel yang di gunakan adalah UTP
- Panjang Max 100 M,
- Menggunakan HUB denga jumlah max 4 buah.
10BaseF : menggunakan FO dan jarang di gunakan karena harga nya mahal dan pemasangan tidak semudah ethernet lainnya, 
2. Fast Ethernet memiliki akses data mencapai 100 Mbit/detik, standart yang di gunakan 100BaseTX, 100BaseT, dsb. Ethernet jenis ini cepat populer karena kcepatan nya 10x lebih dari 10BaseT dengan haraga yang murah.

100BaseTX : menggunakan UTP kategori -5. yang perlu diganti HUB dan NIC yang mampu mendeteksi secara otomatis kecepatan 10 atau 100 Mbps.
- Panjang jaringan Max 205 M
100BaseT : mempunyai kecepatan 100Mbps. Ada beberapa tipe 100BaseT berdasarkan kabel yaitu :
- 100BaseT4, memakai kabel UTP kategori -5 dan kabel yang di pakai 4 pasang
- 100BaseTX, memakai kabel UTP kategori -5 dan kabel yang di pakai 2 pasang
3. Gigabit Ethernet memiliki kcepatan akses 1 GBit/detik, standart yang digunakan adalah 1000BaseTX, 1000BaseSX, dsb

1000BaseTX :merupakan jenis protokol ethernet terbaru yang menggunakan kecepatan 1 GBit/detik.
- Panjang Max 100 M
1000BaseSX : berdasarkan spesifikasi 802.3z yang mendukung penggunaan media serat optik yang mampu meneruskan data dengan panjang kabel hingga 550 M tergantung dari mode dan tipe serat yang dipakai


  • Repater / Penguat Sinyal
Repeater adalah suatu alat yang diapsang pada titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal yang di transmisikan karena jarak yang terlalu jauh sehingga fungsi repeater memperpanjang jarak yang di tempuh. Tugas utama repeater adalah menerima sinyal dari satu kabel LAN dan memancarkannya kembali ke LAN yang lain.






  • Pengertian Router
Router adalah perangkat komputer yang tugas nya menyampaikan paket data melewati suatu jaringan internet supaya sampai kepada tujuannya, proses penyampaian paket data yang berlangsung di sebut routing.
Fungsi Router yaitu untuk menghubungkan dua jaringan atau kebih untuk meneruskan dari satu jaringan yang lain.

  • Jenis - Jenis Router 

+ PC router adalah sebuah comptuter yang buat menjadi router dan OS yang di gunakan khusus untuk router. 

+ Dedicated Router : perangkat yang di rancang khusus / di produksi oleh vendor seperti linksys yang difungsikan khusu menjadi router. Dedicated Router ada 2 macam yaitu

+Modular Router : dapat menambah / mengurangi interface pada router sewaktu waktu contoh - Cisco 1721 Modular Acces Router
- Cisco 1760 Modular Acces Router
- Cisco 1841 Modular Acces Router
 +Non Modular Router : tidak dapat menambah maupun mengurangi interfacenya karena sudah diatur oleh vendor.


  •  Sistem Kerja Router ada 2 Yaitu 

+Routing Statis : sebuah router yang memiliki tabel routing yang di setting secara manual oleh admin jaringan. Biasa nya digunakan pada jaringan yang kecil dan stabil serta memiliki banyak gateaway.

+Routing Dinamis : Sebuah router yang memiliki dan membuat tabel secara otomatis dengan mendengarkan lalulintas jaringa ndan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.
- Digunakan pada jaringan yang memiliki lebih dari satu rute,
- Memakan banyak resource computer,
- Dinamic Router memerlukan routing protocol utnuk membuat tabel routing.

  • Macam - Macam Router Dinamis
- RIP (Routing Informatinon Protocol) : Menggunakan Algoritma Distance Vector algoritma Bellman-Ford. RIP mempunyai 3 versi yaitu
- RIPv1 merupakan class pul routing - RIPv2 merupaka class list routing
- RIPng

- IGRP (Internal Gateaway Routing Protokol) : menggunakan Autonomous System yang dapat menentukan routing berdasarkan system, interior, atau exterior.

- OSPF (Open Shortest Path First) : protokol ini hanya dapat bekerja dalam jaringan internal suatu organisasi atau perusahaan jaringan internal  maksdunya adalah jaringan dimana anda masih memiliki hak untuk menggunakan, mengatur, dan memodifikasinya.
- protocol OSPF ini menggunakan konsep routing hirarki routing yaitu membagi jaringan menjadi beberapa tingkatan utnuk mewujudkan sistem pengelompokan Area.

- EIGRP (Enhanced Internal Gateaway Routing Protokol) : protokol ini pengembangan IGRP, routing protokol ini di adopsi oleh cisco, dan hanya bisa di gunakan sesama Cisco dan tidak di dukung dalam jenis roter ini.

- BGP (Border Gateaway Protokol) : protokol ini salah satu jenis routing protocol yang digunakan untuk koneksi antar Antonomous System, dan salah satu jenis routing protocol yang banyak di gunakan ISP besa atau perbankan. 

  • Twisted Pair Cable
Jenis nya ada 2 yaitu 

-UTP (Unshield Twisted Pair)  
merupakan kabel jaringan yang paling banyak di gunakan pada jaringan LAN / komputer saat ini karena harganya yang terjangkau, akan tetapi kabel UTP ini kurang tahan terhadapa interferensi elektromagnetik dan di sebut twisted pair karena kabelnya di susun spiral.

+UTP ada 2 macam yaitu 
- Untuk kabel telepon 4 kabel
- untuk jaringan komputer 8 kabel

+Kategori Kabel UTP
-Kategori 1 : Digunakan untuk perangkat komunikasi, seperti kabel telephon.-Kategori 2 : Kecepatan transfer data mencapai 4 Megabits per second.
-Kategori 3 : Biasanya digunakan untuk topologi token ring dengan kecepatan transfer data mencapai 10 Mbps.

-Kategori 4 : Kecepatan transfer data mencapai 16 Mbps

-Kategori 5 : Kecepatan transfer data mencapai 100 Mbps

 - STP (Shield Twisted Pair)
Merupakan jenis kabel yang berisi kabel spiral yang masing - masing di bungkus tambahan untuk tiap kabel spiral. harga kabel ini mahal dan cocok untuk jaringan di luar ruangan.




  • Pengertian HUB / Switch
+Switch : merupakan alat yang mempunyai fungsi yang hampit sama dengan Hub yaitu pembagi sinyal dan penguat sinyal tetapi untuk bisadiatur dan dapat mengenali alamat data yang akan di kirim dan mampu mengatur lalu linatas data sehingga jika kita mengirim data langsung tertuju ke komputer yang dimaksud.

+Switch di bagi menjadi 2 yaitu 
- Switch unmanaged : Switch yang tidak dapat di ubah atu di konfigurasi, user hanya tinggal pasang pada jaringan dan switch langsung siap di gunakan
-Switch Managed : Switch yang memiliki fasilitas dan kemampuan yang lebih untuk digunakan oleh user. User dapat menetukan beberapa setting dari sebuah switch semisal hanya port 1 dan 2 yang bisa konksi internet.

 +HUB : perangkat yang penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer. Jika Hub mengalami ganggguan makan semua jaringan akan terputus.









+Fungsi HUB ada 2 yaitu 
- Hub Pasif : merupakan Hub yang berfungsi sebagai pemisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak memerlukan listrik tambahan.
-HUB aktif : berfungsi penghubung fisik dan penguat sinyal dalam jaringan akan tetapi hub ini membutuhkan listrik lebih.

Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/RG-6
http://en.wikipedia.org/wiki/RG-59
http://informasi-dunia-tik.blogspot.com/2012/02/jenis-jenis-kabel-coaxial.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Coaxial_cable
http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_jaringan
http://id.wikipedia.org/wiki/Ethernet
http://ariinugroho.blogspot.com/2012/01/pengertian-ethernet-dan-macam2nya.html
http://kikizahara.wordpress.com/2011/03/01/pengertian-nic-repeater-hub-switch-router-bridge/
http://www.scribd.com/doc/47013512/Dedicated-Router
http://santekno.blogspot.com/2013/01/pengertian-perbedaan-routing-static-dan.html#
http://tutorial-mj.blogspot.com/2012/11/pengertian-routing.html
http://www.scribd.com/doc/7482429/twisted-pair
http://ilmukomputer.org/2012/11/17/manajemen-switch-dan-virtual-lan/
http://tutorial-mj.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-fungsi-hub.html


Leave a Reply

1. Usahakan Jangan pake Nama Anonymous biar saling kenal
2. No Spam Please

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2012 NEET -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -