29.7.13

Selamat Malam semuanya sekarang saya akan share tentang sejarah topologi jaringan dan IP Addres Serta Jenis - Jenis Topologi jaringan.


  • Sejarah Topologi Jaringan


Sejarah Topologi jaringan berasal dari konsep jaringan computer pada tahun 1940 di Amerika dikembangkan oleh komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang di pimpin oleh Professor Howard Aiken. Mulanya ingin memanfaatkan computer yang di buat untuk bersama. Dan pada tahun 1950 ada jenis komputer yaitu SUPER COMPUTER yang bisa menjalankan beberapa terminal dan di temukannya distribusi proses berdasar waktu yang bernama TSS ( Time Sharing System ). 

Departemen Pertahanan Amerika ( DARPA ) melakukan riset yang tujuan nya untuk menghubungkan antar komputer jaringan pada tahun 1969. Riset ini di kenal dengan nama ARPANET

Dan pada tahun 1970 sudah ada 10 komputer berhasil terhubung dan bisa saling berkomunikasi dan membentuk suatu jaringan.


  • Jaringan Komputer


Local Area Network

Local Area Network biasa di singkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringan nya mencakup wilayah kecil seperti gedung sekolah, kantor, atau lebih kecil lagi. Jaringan LAN hanya bisa sampai 1 KM

Metropolitan Area Network

Metropolitan Area Network yang disingkat MAN adalah jaringan yang menghubungkan berbagai lokasi yang jauh seperti antar kota. Jaringan MAN hanya bisa antara 1 KM - 10 KM.

Wide Area Network

Wide Area Network yang disingkat WAN adalah jaringan yang mencakup wilayah yang besar seperti antar wilayah, negara.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


  • Jenis - Jenis Topologi Jaringan 

Topologi jaringan adalah sebuah cara untuk menghubungkan satu computer dengan computer lain. Topologi jaringan sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :


  1. Physical ( Fisik ) adalah gambaran fisik dari suatu hubungan jaringan terbentuk dari perangkat computer ( HUB, Kabel Jaringan, Server, Komputer, Switch ) yang membentuk suatu pola 
  2. Logical ( Logika ) adalah gambaran secara logika bagaimana suatu pola jaringan itu dapat berkomunikasi dengan computer
Topologi jaringan yang umum yaitu BUS, RING, Dan STAR tetapi dengan kemajuan teknologi sekarang banyak sekali jenis-jenis Topologi.

  • Contoh Topologi

1. Topologi BUS
Topologi yang menggunakan kabel tunggal / satu sebagai media komunikasi / transmisinya yang ujungnya di beri terminator ( dengan termintaor 50 ohm ). dan di beri pula t - connector.


Kelebihan :   

- Hemat Kabel Sehingga Biaya murah 
- Kerusakan satu computer tidak mempengaruhi antar client

Kekurangan : 

- Jika kabel tunggal / utamanya putus maka komunikasi akan gagal 
- Kemungkinan akan terjadi tabrakan data dan jika banyak client yang mengirim pesan maka akan turun   juga kecepatan komunikasi 


2. Topologi Ring 

Topologi yang perangkat nya dibuat berbentuk lingkaran. cara kerja topologi ini hanya 1 arah.

Kelebihan : 

- Pemasangan lebih mudah 

Kekurangan :

- Butuh Banyak Kabel 
- Jika satu kabel putus maka semua komunikasi akan putus 
- Menambah atau mengurangi node / Computer akan mengacaukan jaringan


3. Topologi Mesh

Hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung dengan perangkat lain.


Kelebihan : 

- Memudahkan identifikasi masalah saat koneksi antar komputer
- Privacy & Security lebih terjamin karena komunikasi antar 2 komputer tidak dapat di acces oleh computer lain

Kekurangan :
-Sangat boros kabel dana membutuhkan banyak biaya untuk perawatan 
- Butuh ruangan yang luas mengingat kabel yang di gunakan lumayan banyak


4. Topologi Star

Topologi ini semua kabel yang dihubungkan dari komputer-komputer kelokasi pusat dimana semuanya terhubung ke suatu alat yang dinamakan HUB.


Kelebihan : 

- Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk
- penambahan dan pengurangan node dapat dilakukan dengan mudah 

Kekurangan :

- Jiika HUB terdapat Masalah maka server down 
- Lumayan boros dalam pemakaian kabel 


5. Topologi Hybrid 

Topologi yang terbentuk dari beberapa Topologi seperti BUS dan STAR dsb



Topologi Hybrid adalah sebuah topologi yang terbentuk dari beberapa gabungan topologi lainnya.

Kelebihan Topologi Hybrid 

- Tergantung dari topologi apa yang di gabung 

Kekurangan Topologi Hybrid

- biaya instalasi sangat mahal di banding topologi yang lain 
- pengelolaan jaringan sulit
- instalasi dan konfigurasi toplogi sulit karena menggabungkan antara satu topologi dengan yang topologi yang lain.

6. Topologi Tree 

Topologi yang berkembang dari BUS yang menyerupai pohon dan setiap cabang diberi switch / HUB 


Kelebihan Topologi Tree

- dapat menjangkau jarak jauh dengan mengaktifkan fungsi repeater pada HUB
- Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang mudah di atur

Kekurangan Topologi Tree

- kabel yang di butuh kan banyak 
- karena bercabang jika ingin mengirim data perlu tau kemana harus tau yang tempat yang di tuju


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dengan kemajuan teknologi yang dulunya jaringan harus LAN, MAN, WAN sekarang sudah sedikit tidak berlaku karena faktor jarak tidak mempengaruhi jaringan yang mempengaruhi adalah IP ADDRESS

  • Sejarah IP Address 


Sejarah IP Address berasal dari tahun 1969 departemen Amerika Serikat membentuk jaringan yang di sebut Internet melalui proyek ARPA yang di sebut ARPANET. Dalam proyek ARPANET untuk mengkoneksikan para peserta proyek ke dalam proyek ARPANET, mereka menggunakan IMP ( Interface Message Processor ) yang adalah awal dari sebuah IP Address.

Tahun 1969 - 1989 ( IMP )
IMP ini di gunakan pada tahun 1969 - 1989 dan terdokumentasi di RCF 1 ( Request For Command ), IMP ini memiliki kapasitas 5 bit Address.  

Tahun 1977 - 1979  ( IP Address V1, V2, V3 )                                                  
Untuk IP Address V1 dst menurut RFC 791, IP Address ini adalah IP Address percobaan yang dimaksudkan untuk bahan evaluasi pemgembangan untuk IMP. 

Tahun 1981 - Sekarang ( IPV4 - IPV5 )
Akhirnya IP V4 di gunakan secara luas dan resmi sebagai pengganti IMP. Format alamat dalam internet dinyatakan dalam nomor 32-bit ( RFC 1166 ) dan dibagi menjadi 4 kelompok dan 1 kelompok nya terdiri dari 8bit. Dan IPV4 masih digunakan sampai sekarang 
IPV5

Untuk IPV5 tidak digunakan alasannya untuk menghindari kebingungan. Masalah dengan V5 berhubungan dengan protokol TCP / IP Ekspremental yang di sebut Internet Protocol Streaming. Protocol ini bukelanjutan dari IPV4 melainkan di buat untuk pelengkap IP untuk membawa traffic percakapan suara dan konfernsi dengan garansi delay dan bandwidth.

Tahun 1995 - sekarang 
Generasi Selanjutnya dari IPV4 adalah IPV6 yang alamat totalnya ada 128-bit dan contoh alamat nya 21da:00d3:0000:2f3b:02aa:00ff:fe28:9c5a.


  • Pengertian Jenis IP  

IPv4 adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang / Kelompok Total dari IPv4 adalah 32-bit yang 1 kelompok nya ada 8-bit. Contoh 192.168.1.1

IPv6 adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit. Contoh 21da:00d3:0000:2f3b:02aa:00ff:fe28:9c5a.


  • Jenis Kelas IPv4


Kelas A 
Mempunyai Oktet Pertama  (desimal ) 0 - 127 ( 0 sama 127 dicadangkan ) maka IP Kelas A yang Valid Berformat 1.0.0.0 sampai 126.255.255.255 ( Host ) yang dapat membentuk 126 jaringan dan masing masing jaringan dapat menampung 16.777.214 Host dalam satu jaringan.

Kelas B
Mempunya Oktet Pertama (desimal ) 128 - 191 maka IP kelas B yang Valid berformat 128.0.0.0 sampai 191.255.255.255 yang dapat membentuk 16.384 Jaringan menampung 65.354 Host setiap Jaringan.

Kelas C
Mempunyai Oktet Pertama (desimal ) 192 - 223 maka IP kelas C yang valid berformat 192.0.0.0 sampai 223.255.255.255 yang dapat membentuk 2,097,152 Jaringan dan menampung 254 Host per jaringan.

Kelas D
IP Addres kelas D dipergunakan untuk  IP Adders  multicasting. 4 bit pertama IP Addres kelas D diset 224 - 239. 28 Bit sisanya untuk mengenali HOST. Fomat penulisan 224.0.0.0 sampai 239.0.0.0

Kelas E
IP Addres Kelas E disediakan hanya untuk Eksperimen, yang digunakan untuk IP masa yang akan datang. IP kelas E diset 240 - 254, 28 bit sisanya untuk mengenali Host. Format Penulisan 240.0.0.0 sampai 254.255.255.255

  • Jenis - Jenis IP

IP Publik


alamat publik adalah alamat-alamat yang telah ditetapkan oleh InterNIC dan berisi beberapa buah network identifier yang unik (artinya, tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika intranet tersebut telah terhubung ke Internet. untuk IP publik berbayar


IP Private 
alamat IP yang untuk jaringan lokal / semisal laptop - laptop.Sehingga jaringan yang tidak terhubung yang tidak terhubung dengan laptop itu tidak dapat melakukan komunikasi dengan laptop itu.

untuk Range IP Private adalah sebagai berikut 

Kelas A : 10.0.0.0 – 10.255.255.255
Kelas B : 172.16.0.0 – 172.31.255.255
Kelas C : 192.168.0.0 – 192.168.255.255

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terima Kasih telah berkunjung 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumber 1 Sumber 2 Sumber 3 Sumber 4 Sumber 5 Sumber 6 : Otak Sendiri :Peace:



>
<

- Copyright © 2013 FTPOSU - DJogzs - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -