24.2.13



Sebenarnya judul dari postingan ini merupakan pengalaman dari Nanda, salah satu asisten http://studiopemrograman.hmif-ittelkom.org
Berikut penuturan dari sang korban.

Kronologisnya gini gan:
Ane pake Windows 8.
  1. Ane baru download patch PES kalo ga salah.
  2. Muncul notifikasi User Account Control kayak lagi mau run program/aplikasi, pertama ane klik No, trus muncul lagi notif UAC yang sama, ane klik Yes. Tiba-tiba laptop Restarting sendiri ketika ane klik Yes.
  3. Booting abis restart seperti biasa melewati BIOS yang ane protect pake password, tinggal booting ke OS. Ketika booting ke OS, muncul gambar layar hitam penuh dengan tulisan berbahasa Rusia. seperti ini:
  4. udah tampil screen itu, ga bisa ngapa2in, cuma ada cursor dibawah entah untuk input apa.
ane coba googling, itu kayanya virus model baru dan ada yang terjemahin bahasa rusia itu intinya dia minta bayaran buat remove virus itu kalo ga dia nge format abis HDD ane.
Begitulah penuturan dari sang korban.
Berikut ini deskripsi dari virus tersebut yang diambil dari beberapa referensi:
BootKitLocker.gen32 merupakan sebuah virus baru dan langka yang berjenis Scareware. Scareware ini menyerang sistem Booting pada Sistem Operasi. Virus ini mengancam korban bahwa virus ini akan menghapus seluruh isi HDD komputer. Untuk me-remove virus ini, korban diharuskan untuk membayar kepada salah satu organisasi atau apalah untuk membeli kode. Kode yang dibeli itu kemudian diinputkan pada saat layar seperti diatas. Namun, semua itu hanyalah sebuah ancaman kosong / bohongan.
Pada suatu ketika, sang korban menemukan tutorial untuk menghapus / remove virus tersebut dengan cara booting live CD milik Dr. Web yang berlisensi gratis. Setelah melakukan scanning selama 3 jam. Virus itu ter-scan bernama Trojan.MBRLock.14 yang menyerang sistem booting komputer. Kemudian sang korban melakukan curing terhadap virus tersebut. Keluar dari live CD, kemudian booting secara normal kembali.
referensi tutorial:
Dapat diambil kesimpulan bahwa sang korban terinfeksi virus yang didapat dari file hasil download dari situs yang tidak terpercaya. Hikmah dari postingan ini yaitu berhati-hatilah dalam berinternet atau mendownload sesuatu dari internet, cek keamanan situs yang dikunjungi.
Terimakasih :)

>
<

- Copyright © 2013 FTPOSU - DJogzs - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -